Selasa, 01 Januari 2013

Asma'ul Husna #1 : Ar Rahman = Yang Maha Pengasih




Ar Rahman sering disebut sebagai nama atau sifat Allah yang utama selain Ar Rahim.  Bahkan kedua sifat ini menjadi pembuka dalam setiap doa dan surat yang dibaca.
Ar Rahman diartikan sebagai Yang Maha Pengasih.  Dari beberapa literatur yang saya baca, sifat Ar Rahman menunjukkan sifat kasih sayang yang teramat luas. Kasih sayang di sini berarti kasih sayang Allah kepada semua makhlukNya, tidak hanya meliputi kasih kepada manusia, dan bukan hanya kepada orang yang beriman saja. Dengan demikian, seluruh makhluk yang ada mendapatkan sifat Ar Rahman ini.


Dengan sifat Ar Rahman ini pula, matahari selalu bersinar dengan terangnya. Bulan masih memantulkan sinar matahari untuk memberi cahaya kepada penghuni bumi. Burung-burung berkicau menandakan pagi telah menjelang dan tumbuhan memberikan buah-buahan kepada kita.

Kasih sayang Allah meliputi semuanya. Dan itu semua bukan demi kepentingannya, tetapi agar makhlukNya terutama manusia mendapatkan kenyamanan ketika hidup di dunia ini. Maka, "Nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?" Terlalu banyak kasih sayangNya kepada kita.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar