Rabu, 09 Januari 2013

Asma'ul husna #9 : Al Jabbaar = Yang Maha Perkasa




Arti Al Jabbaar adalah Yang Maha Perkasa. Dalam Al Jabbar terkandung makna perkasa sehingga Allah memilki otoritas untuk memaksakan kehendakNya. Sifat memaksa  hanya dimiliki oleh Allah, karena hanya Allah yang mutlak berhak atas hidup dan mati makhluk yang diciptakanNya. Dialah yang berhak atas keagungan dan hanya kepadaNya kita wajib tunduk dan menyembah.

Allah telah menurunkan rasul dan kitab suci agar kita tunduk dan menyembah. Rasul menyerukan peringatan-peringatan dan dalam kitab suci Allah menjelaskan mengenai perintah dan laranganNya. Manusia wajib memenuhi itu semua karena hidup dan matinya makhluk ada dalam genggaman Allah. Mau atau tidak mau,  suka atau tidak suka, sukarela atau terpaksa, makhluk harus tunduk kepada Allah. Sebagai orang beriman, kita wajib tunduk karena kita yakin sepenuhnya atas kekuasaan Allah. Setan pun tunduk akan kekuasaan Allah karena setan tahu dia hanyalah makhluk ciptaan Allah. Sementara manusia yang tidak beriman, akan tunduk kepada Allah karena tidak ada kekuasaan lain yang lebih daripada kekuatan Allah, walaupun tanpa dia yakini.

Untuk meneladani sifat Allah ini maka kita sebagai manusia dilarang untuk somobong, takabur, dan membanggakan diri. Bahkan seseorang tidak akan masuk ke dalam surga Allah apabila di dalam dadanya terdapat kesombongan walaupun sebesar biji zarrah. Sungguh suatu penggambaran yang sangat halus oleh Allah akan kecenderungan manusia yang suka lupa akan jati dirinya sebagai makhluk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar