Kamis, 03 Januari 2013

Asma'ul Husna #3 : Al Malik = Yang Maha Menguasai


Nama serta sifat Al Malik adalah untuk menggambarkan sifat Allah sebagai penguasa. Dialah Raja di atas raja. KerajaanNya meliputi semua yang ada di langit dan di bumi, karena Dialah Sang Pemilik mutlak, pencipta semua makhluk dan menggenggam kekuasaan atas makhlukNya tersebut. KehendakNya adalah pasti, KebenaranNya adalah mutlak. Dan kerajaan serta kekuasaaNya adalah abadi. Allah adalah Maha Menguasai, tidak memerlukan apapun, namun segalanya sangat memerlukanNya dan bergantung akan kekuasanNya. Ia sepenuhnya memahami wilayah kekuasaanNya, dan mengetahui apapun yang terjadi di dalamnya. Tiada sehelai daun jatuh selain karena Dia menghendaki. 



Sifat ini perlu kita pelajari untuk memberi kesadaran kepada kita sebagai makhlukNya bahwa segala apa yang kita punya akan lenyap. Apabila bukan berpindah kepada orang lain maka pasti akan dipisahkan oleh kematian. Manusia hanyalah hamba yang seluruh hidup dan matinya bergantung akan kekuasan dan rahmat Allah. Tiada satupun 

Tiada yang abadi di dunia ini, bergantung kepada dunia akan membuat kita lupa akan siapa sebenarnya penguasa yang sebenarnya. Maka, bergantung kepada Allah adalah satu-satunya cara agar kita mengenal siapa kita dan ke mana kita akan kembali.

"Ya Allah, Engkaulah Al Malik, tiada tempat mengabdi selain Engkau. Engkaulah Rabb-ku dan aku hanyalah budakMu. Aku telah menzalimi diriku dan aku mengakui semua dosa-dosaku, maka ampunilah dosaku seluruhnya karena sesungguhnya tiada ssesuatupun yang bisa mengampuni dosaku kecuali Engkau" (HR Muslim).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar