Jumat, 25 Januari 2013

Asma'ul husna #20 : Al Qabidl = Yang Maha Menyempitkan

Al Qabidl dapat diartikan sebagai Yang Maha Menyempitkan.
Mengapa Allah yang Maha Besar memiliki sifat menyempitkan? Apabila kita hanya melihat arti dari Al Qabidl saja maka kita tidak akan pernah tahu apa maksud dari sifat Allah ini.
Sifat Al Qabidl ini dimaksudkan bahwa Allah menyempitkan rezeki dari makhluk. Allah yang berkehendak apabila ada mahkluk yang rezekinya dipersempit atau ditahan oleh Allah. Tentu saja, Allah memiliki alasan atas perbuatan tersebut karena kehendak Allah adalah yang terbaik untuk makhlukNya.

Manusia selalu lupa kepada penciptanya ketika dia berada dalam kesenengan, oleh karena itu kadang manusia dibuat dalam keadaan tak berdaya, baik sakit, miskin maupun kehilangan. Allah menyempitkan bagi orang-orang yang lupa kepada Tuhannya, dan tidak mau bersyukur atas kesenangan yang telah dikaruniakan Allah kepadanya. Setelah Allah menyempitkan maka kita kemudian teringat kembali kepada Allah, kita pun kemudian selalu mengingat asmaNya dan beribadah kembali. Itulah maksud Allah dengan menyempitkan, agar kita selalu teringat kepadaNya, Allah yang hanya kepadaNya kita kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar