Rabu, 02 Januari 2013

Asma'ul Husna #2 : Ar Rahiim = Yang Maha Penyayang



Nama dan sifat Allah yaitu Ar Rahiim sering dirangkaikan dengan sifat Ar Rahman. Apabila Ar Rahman diartikan sebagai Yang Maha Pengasih maka Ar Rahiim diartikan sebagai Yang Maha Penyayang. Apa beda kedua sifat tersebut?

Apabila sifat penyayang Allah itu ditujukan kepada semua makhluk maka sifat pengasih ditujukan  hanya kepada orang mukminin. Kasih sayang Allah ini sangat spesial karena hanya ditujukan kepada orang-orang yang menuruti perintahNya dan menjauhi laranganNya. Dan tentu saja, dari semua makhluk di dunia ini, tidak banyak yang memenuhi persyaratan ini.

Sifat spesial ini kemudian diadopsi untuk menyatakan kandungan ibu ketika mengandung bayi. Ya, bayi selama dalam kandungan berada dalam rahim. Ini menunjukkan betapa kasih sayang sang ibu hanya ditujukan kepada si bayi yang ada dalam kandungannya. Bayi ketika masih di dalam rahim akan mendapatkan perlindungan yang total dari sang ibu, oleh karena itu begitu bayi  lahir ke dunia, dia akan menangis kencang-kencang karena ia merasa tidak dalam perlindungan sang ibu lagi.

Demikian juga dengan sifat Ar Rahiim, Allah sangat mencintai dan melindungi umatNya. Namun bagaimana dengan kita? Sudahkah kita mengerti akan kasih sayang Allah? Begitu cepatnya kita tergoda oleh dunia, dan melupakan dari mana asal kita dan ke mana kita akan kembali. Sesungguhnya kasih sayang Allah selalu meliputi kita semua. Dia sangat dekat bahkan lebih dekat dengan urat leher kita sendiri. Begitu Allah sangat dekat dan akan melindungi dan menuntun jalan kita di dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar